Yu-Gi-Oh! Arc-V- : Episode 10

 Main rule of LDS student : always XYZ/ Fusion/ Synchro Summon on your first turn

Saya menonton episode ini dengan kurang semangat dikarenakan beberapa hal: episode ini tidak ada pendulum summon, lalu pertandingan 3 vs 3 dan Yuya telah menang pertandingan pertama sehingga sudah dipastikan pertandingan berikutnya pasti tim You Show Duel School akan kalah. Dan siapakah tumbalnya? hampir tidak mungkin Sora, sehingga ya, Yuzu harus maju.

Memang sudah diramalkan kalah, tapi hal yang mengejutkan saya adalah duel berakhir dalam 2 turn! Sehebat itukah Gem-Knight Fusion deck? atau selemah itukah Fantasia Advance Summon deck milik Yuzu? Deck Masumi memang cukup kuat, notable card yang saya liat kuat disini adalah Gem-Knight Alexandrite, dengan mengirim kartu itu ke graveyard Masumi bisa mensummon kartu gem-knight apapun dari decknya. Efek ini kuat karena sangat versatile, pemain bisa summon kartu yang sesuai dengan situasi yang dihadapinya. Kelebihan lain dari Gem-Knight adalah kartu yang berada di graveyard ternyata juga bisa dijadikan bahan fusion summon atau bahkan dibanish sebagai persyaratan efek kartu Gem-Knight. Dengan itu kita bisa menyimpulkan deck ini mengeksploitasi deck, hand dan graveyard menjadikannya deck fusion yang kuat. (bahkan lebih kuat dari deck Sora, tapi saya yakin decknya melawan Yuya di episode sebelumnya itu bukanlah deck sebenarnya)

Minor character on YGO: name and history reflects their deck choice

Sebaliknya deck Yuzu terlihat tidak ada perlawanan, kartu Fantasia tidak ada yang memberikan efek khusus kecuali quick summon, bahkan kartu ace Yuzu Prima Prodigy Mozard efeknya terlihat mediocre dengan hanya special summon level 4  kebawah dari tangan (mungkin akan lebih kuat jika Fantasia adalah tipe Synchro). Tidak adanya pertahanan magic/ trap card ditambah Yuzu yang setengah melamun memikirkan pacarnya TDD, well mungkin wajar jika dia kalah dalam 2 turn.

Pada part kedua kita beralih ke main event, pertandingan Sora.... atau tidak. Setelah 2 minggu berturut-turut menunjukkan ke "imba"annya lewat kata-kata, kita harus kecewa karena ternyata Sora kurang berkenan untuk duel. Ternyata dia lemah dalam melawan tipe musuh yang serius. Tapi dibalik itu kita berkesempatan melihat duel Gogenzaka, teman Yuya yang sepertinya memiliki tipe deck Samurai? Tadinya saya mengira Gogenzaka adalah tipe karakter yang tidak/ jarang berduel dan hanya memberikan semangat seperti Kotori (YGO Zexal) tapi ternyata anggapan saya salah.

 Shuzo... stop giving your opponent field advantage

Akhirnya Synchro muncul di anime YGO setelah sekian lama, perbedaan utama Synchro dengan tipe summon lainnya adalah membutuhkan tuner untuk digabungkan dengan kartu lainnya, secara umum mungkin terlihat mirip dengan Fusion, namun Synchro tidak membutuhkan magic card. Archetype yang keluar kali ini adalah XX-Saber, dimana kelebihan deck Yaiba adalah swarming monster dengan cepat, hal ini terlihat dari kartu XX-Saber Bogart Knight dan XX-Saber Faultroll yang bisa special summon dari tangan dan graveyard. Dia bahkan melakukan synchro summon 2 kali, hal yang cukup menakutkan dalam turn pertama. Saya penasaran melihat bagaimana deck Steadfast Gogenzaka akan menghadapi Synchro, mengingat deck Advance Summon belum menunjukkan taringnya di anime ini sehingga saya berharap episode depan dapat melihat battle yang epic antara kedua deck ini.
Thanks for your comment