Sengoku Ixa: Memilih Kartu Jenderal yang Sesuai Bagian II


Tutorial ini adalah lanjutan dari Sengoku Ixa: Memilih Kartu Jenderal yang Sesuai

Serangan/ Pertahanan/ Strategi

Apabila kamu sudah sering memainkan game secara umum pastilah sudah bisa menebak maksud dari nilai serangan dan pertahanan dalam kartu jenderal, nilai tersebut adalah salah satu faktor penentu total nilai serangan atau pertahanan suatu batalion ketika berperang. Semakin tinggi nilai serangan jenderal maka akan memberikan damage yang lebih besar kepada batalion musuh ketika menyerang. Demikian pula ketika bertahan, semakin tinggi nilai pertahanan jenderal,  damage yang diterima batalion tersebut akan semakin menurun. Contoh perhitungan nilai serangan bisa dilihat di bagian pertama dari tutorial ini.

Lalu bagaimanakah dengan strategi? nilai strategi di kartu jenderal akan berpengaruh pada kenaikan presentase keberhasilan munculnya taktik khusus jenderal tersebut yang nantinya akan menaikkan kekuatan batalion tersebut (mengenai taktik akan dibahas nanti). 

h2d @kaskus menjabarkan secara detail bagaimana perhitungan nilai strategi terhadap pertambahan presentase keberhasilan munculnya taktik jenderal, Cidcho akan mencoba memberikan contoh aplikasinya


Jika hanya ada satu kartu jenderal dalam batalion tersebut, maka rumus perhitungan nilai taktik jenderal adalah (Nilai Strategi/ 100)%, dalam contoh diatas adalah (375/ 100) = 3.75%. Ketika menyerang nilai ini akan ditambahkan ke peluang munculnya taktik kartu jenderal tersebut. Misalnya taktik Soutai Gougeki lv5 memiliki peluang 27%,maka perhitungan peluang akhir munculnya taktik adalah 27% + 3.75% = 30.75%


Penambahan dari nilai strategi juga berpengaruh ke semua taktik yang dimiliki jenderal tersebut, maka sebaiknya sebaiknya kartu jenderal diberikan taktik tambahan melalui sintesis untuk memperkuat kartu tersebut. Dalam perang, semua taktik jenderal tersebut bisa aktif secara bersamaan walaupun tidak tertulis di kolom hasil perang (info dari Reisen.U.Inaba @kaskus)

Sekarang kita menghitung nilai strategi apabila satu batalion diisi oleh 4 kartu jenderal, rumus perhitungannya adalah [Nilai Strategi Jenderal Tertinggi + (Total Nilai Strategi Jenderal Lainnya/6)] /100%


Berdasarkan bentuk batalion diatas maka perhitungan pertambahan nilai strateginya adalah
[715 + (375 + 380 + 655 /6) ] /100% = (715 + 235)/ 100% = 9.5%

Perhatikan angka yang saya warnai, terlihat bahwa kartu Taigen Sessai dengan nilai strategi 715 berpengaruh besar terhadap kenaikan nilai strategi batalion secara keseluruhan. Hal ini membawa kesimpulan bahwa dalam 1 batalion sebaiknya ada satu kartu jenderal yang memiliki nilai strategi yang tinggi sehingga bisa menaikkan presentase kemungkinan keluarnya taktik jenderal dalam satu batalion tersebut.


Dari contoh sebelumnya Taktik Soutai Gougeki Lv 5 memiliki peluang 27%, apabila ditambahkan dengan pertambahan nilai diatas maka peluang taktik tersebut keluar dalam perang adalah 27% + 9.5% = 36.5%. Ada taktik yang mempunyai peluang aktifasi 100% sehingga pasti akan keluar, beberapa taktik ini tidak akan muncul di kolom hasil perang karena sifatnya yang support seperti Jinsoku Kougun yang mempercepat gerak pasukan untuk sampai ke tujuan.

Tipe Kartu jenderal

Terdapat 4 tipe kartu jenderal yang diketahui saat ini,
Jenderal adalah kartu umum yang tidak memiliki karakteristik khusus. Sebagian besar kartu jenderal di Sengoku Ixa adalah tipe ini

Ahli pedang adalah kartu jenderal yang memiliki growth rate tinggi (bisa berkali lipat dari growth tipe jenderal) namun memiliki kelemahan jumlah pasukan sedikit dan regenerasi HP yang lebih lambat dibandingkan tipe kartu lainnya

Ninja adalah kartu jenderal yang memiliki karakteristik taktik batalion, dimana 2 atau lebih kartu ninja yang apabila ditempatkan pada satu batalion umumnya akan menghasilkan taktik batalion kecepatan

Budayawan adalah kartu jenderal langka dengan taktik khusus. Penjelasan lebih lengkap diberikan oleh Batu.Sawah @kaskus.

Taktik

Kustomisasi taktik kartu jenderal adalah salah satu hal yang menantang di game ini, efek dari taktik jenderal bervariasi tidak hanya seputar menaikkan serangan/ pertahanan batalion tapi ada juga efek di luar perang seperti menaikkan tingkat regenerasi popularitas. Tingkat kekuatan taktik juga berbanding lurus dengan tingkat kelangkaan kartu jenderal, semakin langka kartunya maka taktik yang dimiliki jenderal tersebut akan semakin bagus.


Taktik jenderal yang berhasil keluar langsung dimasukkan pada perhitungan ketika kedua batalion berperang, kita tidak diperlihatkan perubahan total nilai sebenarnya ketika hal itu terjadi namun melihat taktik kartu jenderal kita aktif tentunya membawa kepuasaan tersendiri bagi pemain ketika berperang.

Untuk memahami taktik kartu jenderal kita perlu mengetahui hal-hal berikut (Sumber):
  1. Taktik kartu jenderal memiliki efek ke satu batalion tempat kartu jenderal itu dipasang 
  2. Taktik kartu jenderal dengan efek peningkatan pasukan tertentu akan tetap aktif walaupun kartu tersebut membawa pasukan jenis lain yang berbeda (contohnya pada gambar diatas, Imagawa yoshimoto mengaktifkan Yumitai Enjin yang meningkatkan pertahanan unit pemanah, padahal kartu tersebut sedang dipasang unit infantri).
  3. Kartu jenderal yang memiliki lebih dari satu taktik bisa aktif secara bersamaan, walaupun tidak tertulis di catatan perang
  4. Taktik kartu jenderal dengan efek peningkatan serangan hanya akan aktif ketika batalion tersebut melakukan serangan, begitu pula sebaliknya dengan efek pertahanan.
  5. Apabila dalam satu batalion terdapat 2 taktik dengan nama yang sama namun dimiliki oleh 2 jenderal yang berbeda maka kedua taktik jenderal tersebut dapat aktif ketika perang [contohnya taktik Jinsoku Kougun  yaitu peningkatan kecepatan gerak (peluang 100%) yang dipasang di 2 jenderal berbeda akan aktif bersamaan]
Pemain baru umumnya bingung dengan penempatan taktik yang bagus pada kartu jenderal, memang pemasangan taktik sebagian besar dipengaruhi keberuntungan ketika sintesis namun kita sebaiknya berusaha memasang taktik yang kita rasa terbaik untuk kartu jenderal kita, sebagai contoh taktik kartu jenderal Cidcho rata-rata umumnya

Jenderal Penyerang : 3 taktik penyerangan yang sesuai dengan komando pasukan / 2 taktik penyerangan + 1 taktik kecepatan

Jenderal Bertahan : 2 taktik pertahanan yang sesuai dengan komando pasukan + 1 taktik penyerangan

Kamu bisa menentukan sendiri taktik kartu seperti apa yang ingin kamu inginkan ketika berperang yang sesuai dengan strategi kamu, misalnya Cidcho lebih memilih memasukkan taktik penyerangan ke kartu jenderal bertahan karena saya lebih sering menyerang dan kehabisan kartu jenderal penyerang, sehingga terkadang juga menggunakan kartu jenderal bertahan untuk dimasukkan ke batalion penyerangan.

Selain taktik kartu jenderal, terdapat pula taktik khusus yang lahir dari penempatan kartu-kartu jenderal tertentu dalam satu batalion. Taktik ini disebut Taktik Batalion.


Taktik batalion, apabila aktif, akan memberikan peningkatan kepada seluruh unit di batalion tersebut. Berbeda dengan taktik jenderal, untuk menaikkan level taktik batalion pemain harus meningkatkan rank kartu-kartu jenderal yang membentuk taktik batalion tersebut. Kelemahan dari taktik batalion adalah terkadang ada kartu jenderal yang memiliki status berlawanan seperti misalnya Tanegashima Tokitaka yang memiliki taktik serangan artileri dimasukkan ke dalam batalion pertahanan.

Potensi

Hal terakhir yang akan dibahas adalah potensi yang muncul dalam bentuk icon "Level Up" di kartu jenderal ketika telah memperoleh akumulasi exp. tertentu. Nilai potensi beragam, ada kartu jenderal yang memiliki nilai awal status tinggi, namun ternyata kenaikan potensinya rendah, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu kamu sebaiknya mencek kartu jenderal baru di Ixa Wiki. Untuk mencek kartu tersebut, kamu bisa mencatat no.kartu tersebut dan menggunakan Google Translate untuk mencarinya.

Untuk menentukan potensi mana yang akan dipilih untuk dinaikkan sebaiknya dilihat dari taktik jenderal tersebut, apabila kartu jenderal memiliki taktik serangan maka disarankan menaikkan potensi serangan dari kartu jenderal tersebut, begitu pula sebaliknya dengan taktik bertahan.

Untuk potensi strategi, kriteria yang Cidcho ambil adalah kartu jenderal tersebut memiliki kenaikan potensi 2.5 dan biaya kartu tersebut haruslah 2.5-3. Biaya kartu harus besar karena jumlah pasukan di kartu tersebut biasanya akan tinggi pula sehingga efek dari taktik kartu jenderal akan lebih tinggi (kenaikan presentase dari jumlah pasukan).


Keuntungan lain dari memfokuskan pada nilai strategi adalah kita dapat lebih mudah memasang taktik serangan dan pertahanan dalam satu kartu karena nilai strategi mempengaruhi kedua jenis taktik ini, sehingga kartu jenderal tersebut dapat digunakan untuk menyerang dan bertahan secara efektif.

Dalam menaikkan potensi sebaiknya kita berfokus pada satu sisi yang ingin kita naikkan, apakah serangan/ pertahanan/ strategi walaupun kita memasang 2 taktik yang berlawanan pada satu kartu jenderal. Hal ini dikarenakan penambahan potensi akan berpengaruh kecil apabila dibagi-bagi sehingga akan lebih baik jika fokus ke satu area potensi saja.

Demikian tutorial kali ini, semoga bisa membantu para pemain Sengoku Ixa dalam memainkan game ini.
Thanks for your comment