Sengoku Ixa: Review


Sengoku Ixa adalah web-based strategy online game yang di develop dan di publish oleh perusahaan asal Jepang, Square Enix. Game ini cukup terkenal di negara asalnya yang dikabarkan pada tahun 2012 telah menarik minat lebih dari 2 juta orang untuk memainkannya. Agate Studio, local game developer dari Indonesia melihat peluang game ini untuk sukses dan membentuk partnership dengan Square Enix untuk memasarkan Sengoku Ixa di Indonesia.

Secara umum, siklus mingguan di Sengoku Ixa adalah sebagai berikut:

Proses pendaftaran cukup mudah, masuk ke halaman official Sengoku Ixa dan membuat ID baru dengan mengisi kolom dan alamat email yang nantinya digunakan untuk memverfikasi akun yang baru kamu buat.
Setelah mendapatkan akun selanjutnya kita akan diberi pilihan untuk memilih Dunia kemudian Negara sebagai "rumah" kita di dunia Sengoku Ixa.

Kemudian kita akan diberikan tampilan Daerah Utama/ Kastil Utama kita. Disini kita dapat mengikuti "Misi" yang berada di kanan atas layar untuk belajar mengenal fitur-fitur yang terdapat di game ini. Pada tahap "Administrasi" sesuai gambar di atas kita akan serasa bermain Harvest Moon dimana kita membangun resource seperti kayu, kain, besi, pangan yang nantinya digunakan untuk membangun fasilitas yang dibutuhkan seperti akademi serta melatih prajurit seperti pasukan berkuda, panah dan infantri yang digunakan untuk berperang.

Contoh tampilan awal ketika mulai bermain kurang lebih seperti ini:


Perang setiap 6 hari sekali disini terbagi ke dalam beberapa tahap,
1. Masa Damai, selama 2 hari atau dapat juga dikategorikan "Administrasi" dimana seperti yang dijelaskan diatas player membangun resource serta pasukan dan memperkuat Daerah Kekuasaannya (DK).

2. Masa Pengumuman (1 hari) dan hari berikutnya adalah Masa Persiapan (1 hari), dimana keduanya masuk ke dalam "Persiapan Perang" sesuai gambar siklus di atas. Disini pemain akan mengelompokkan pasukan pasukan yang telah dibuatnya yang akan dibawahi oleh Jendral. Setiap jendral dapat memimpin satu jenis pasukan dan kumpulan Jendral akan membentuk batalion. Setiap batalion terdiri dari 1 orang Komandan dan 3 orang Kapten. Pemain juga akan membuat pos-pos penyerangan dan pertahanan di petak yang dianggap strategis untuk memulai peperangan di hari berikutnya.


Disini kreativitas player akan dibutuhkan untuk menentukan bagaimana kombinasi jendral dan pasukan yang terbaik untuk dimasukkan ke dalam batalion yang akan dikirimkan ke medan peperangan.

Perlu diketahui bahwa satu jendral memiliki kecocokan yang lebih baik terhadap suatu jenis pasukan dibandingkan pasukan lainnya. Hal ini dapat terlihat dari nilai komando dan taktik jendral tersebut.

Terkadang akan muncul taktik khusus yaitu "Taktik Batalion" apabila player memasukkan beberapa jendral tertentu ke dalam satu batalion.



3. Masa Perang, selama 2 hari dimana 2 negara atau lebih akan saling berperang. Apabila negara kita ditetapkan sebagai penyerang, maka kita diharuskan membuat Kastil Cabang (KC) untuk menyerang DK lawan, apabila kita sebagai bertahan, maka kita diharuskan melindungi DK kita dan menghancurkan KC musuh untuk menghentikan serangan mereka (apabila Daerah Utama atau Kastil Cabang hancur, maka pemain tidak dapat mengirim pasukan keluar selama 3 jam).




Tujuan dari perang adalah mendapatkan nilai kontribusi perang sebesar mungkin dimana pihak yang memiliki nilai kontribusi terbesar akan memenangkan perang

Kontribusi diperoleh dari membuat pos dan merebut wilayah, namun poin kontribusi terbesar biasanya diperoleh ketika pemain menghancurkan Daerah Kekuasaan pemain lain (Kastil Utama, Desa, Benteng atau Kastil Cabang)







Setelah masa perang berakhir dan hadiah perang telah dibagikan kepada kedua belah pihak maka akan masuk ke Masa Damai/ Administrasi sesuai gambar siklus diatas


Serangan dan bertahan inilah daya tarik utama dari game ini menurut Cidcho. Game ini menganjurkan pemain untuk bersama sama menyerang daerah musuh dan saling membantu dalam mempertahankan daerah kekuasaan kita.



Dengan melakukan "Serangan Gabungan" maka pemain akan lebih mudah menghancurkan DK musuh.

Poin kontribusi yang didapatkan akan dibagi ke setiap pemain yang melakukan serangan






Game ini memiliki waktu perang khusus (siklus 6 hari) dimana pemain dapat mengetahui kapan perang berikutnya akan terjadi sehingga dapat mempersiapkan diri sebelumnya. Dengan mengumpulkan pemain yang aktif ketika masa perang berlangsung, maka pemain yang tergabung dalam satu aliansi di suatu negara dapat lebih efektif mengatur strategi menyerang dan bertahan ketika berperang karena dapat menggunakan fitur "Serangan Gabungan" dan "Bala Bantuan" untuk melawan pemain musuh.




Dengan mengirim "Bala Bantuan" ke DK pemain lain dalam satu aliansi, maka pemain dapat menahan serangan yang dilakukan pemain lawan.

Tiap pemain yang mengirimkan batalionnya sebagai bala bantuan akan menerima poin kontribusi pertahanan.




Setelah memainkan game ini selama kurang lebih 3 bulan, Cidcho menyimpulkan beberapa kelebihan game Sengoku Ixa ini, antara lain:
  1.  Sesuai slogan, yaitu "Mainkan dengan santai selama 5 menit setiap harinya", hal ini memang benar namun hanya berlaku ketika bangunan dan resource telah memiliki level cukup tinggi. Saya dulu menghabiskan waktu cukup lama di awal bermain game ini untuk membangun fasilitas di DK.
  2. Siklus war yang telah ditentukan sehingga pemain dapat lebih mudah mengatur jadwal dalam memainkan game ini
  3. Sistem war yang mengutamakan kebersamaan pemain untuk dapat memenangkan war sehingga pemain dapat lebih saling berinteraksi satu dengan yang lainnya sehingga menciptakan komunitas pemain yang kompetitif.
  4. Mengumpulkan dan kustomisasi kartu Jendral dapat memberikan tantangan tersendiri, mencari kombinasi kartu Jendral terbaik untuk dimasukkan ke dalam batalion menyerang atau bertahan




Pemain dapat meningkatkan rank kartu jendral dan menaikkan komando pasukan tertentu yang dirasa cocok untuk jendral tersebut

Pemain juga dapat memberikan strategi tambahan di slot 2 dan 3 di kartu jendral tersebut untuk meningkatkan serangan jendral tersebut




Kartu Jendral diperoleh dari Undian Ixa, dimana pemain mendapatkannya ketika negara mereka menang perang, dari lelang kartu atau bisa juga dengan menggunakan Emas, yang diperoleh dari pembelian lewat jalur yang ditunjuk oleh Sengoku Ixa.

Selain kelebihan, terdapat juga kekurangan dari game ini :
  1. Chat Aliansi yang memiliki jeda 10 detik untuk posting berikutnya. Hal ini sangat menggangu ketika perang berlangsung dan para pemain perlu mengkoordinasi untuk Serangan Gabungan. Layar chat juga terlalu kecil dan hanya bisa menampung 4 baris kata yang juga menggangu percakapan antar pemain.
  2. Sistem Misi yang terbatas dan tidak ada pengulangan. Pengulangan misi hanya ada ketika perang, sebaiknya misi normal juga ada pengulangan sehingga pemain dapat lebih termotivasi.
Demikian sekilas mengenai review game ini, dengan segala kelebihan dan kekurangannya Sengoku Ixa termasuk salah satu webgame yang cukup mudah dan menarik untuk dimainkan oleh siapa saja yang tertarik untuk ikut berperang dalam periode Sengoku/ Warring States di Jepang.
Thanks for your comment