Sengoku Ixa: Leveling Up


Leveling merupakan suatu konsep yang umum diterapkan di sebuah game. Pemain yang baru mulai main biasanya akan mulai dengan level yang rendah namun seiring dengan berjalannya waktu apabila pemain tersebut memainkan game tersebut secara rutin maka karakter yang dimilikinya akan mendapatkan experience point dan apabila telah mencapai nilai tertentu maka karakter tersebut akan level up.

Hal yang sama juga diterapkan pada game Sengoku Ixa, disini terdapat 3 jenis leveling yang dilakukan pemain, yaitu fasilitas, kartu jenderal dan joushu (user/ pemain). Ketiganya saling memiliki keterkaitan dan sebaiknya dijalankan secara berkesinambungan untuk proses leveling yang baik di game ini.


Tugas pertama yang dilakukan ketika memulai bermain Sengoku Ixa adalah membangun dan menaikkan level fasilitas. Bangunan ini penting karena dengan membangun fasilitas produksi pemain bisa mendapatkan resource yang dibutuhkan, akademi digunakan untuk melatih prajurit yang akan dikirimkan ke medan perang, gudang untuk meningkatkan penyimpanan resource yang berlebih, universitas untuk meneliti tipe prajurit baru yang lebih kuat, hingga membangun benteng/ desa untuk ekspansi Daerah Kekuasaan (DK).

Pemain hanya bisa mendirikan/ menaikkan level satu jenis fasilitas di satu DK, apabila pemain mendirikan/ menaikkan level fasilitas lainnya maka akan dikenakan tambahan waktu fasilitas yang belum selesai + 1 menit. Contohnya gambar kegiatan pembangunan diatas, Depot Kayu lv5 memiliki sisa waktu 15:39 untuk selesai, apabila pemain menambahkan proses Depot Kayu lv5 lainnya maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan fasilitas kedua adalah adalah  sisa waktu fasilitas pertama + waktu fasilitas kedua + 1 menit, atau 15:39 + 28:36 + 01:00 = 45:15




DK yang terdiri dari Benteng/ Desa memiliki proses pembangunan yang terpisah dari Daerah Utama, sehingga pemain dapat menaikkan level fasilitas secara bersamaan di beberapa DK yang dimiliki.





Setelah melewati tutorial awal yang diberikan oleh game, ada baiknya merencanakan proses pembangunan dengan melihat "Misi" yang ditawarkan oleh game, beberapa misi memberikan bantuan resource yang cukup banyak sehingga dapat membantu pemain pada awal game yang biasanya akan kehabisan resource.

Level joushu, mengapa hal ini penting? Salah satu alasan utama adalah ketika mencapai level joushu tertentu maka pemain diberikan kesempatan untuk memperluas DK dengan menginvasi petak kosong dan mendirikan desa/ benteng di daerah tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar pemain mendapatkan akses  untuk membangun lebih banyak fasilitas pendukung seperti produksi bahan baku.

Ekspedisi merupakan salah satu cara yang umum digunakan untuk menaikkan level joushu. Ekspedisi tanah asing yang bisa dipilih adalah Gunung Ujian: Lembah (180 menit) dan Gunung Ujian: Rimba (360 menit). Secara umum GU: Rimba memberikan kemungkinan experience yang lebih tinggi dibandingkan GU: Lembah namun membutuhkan waktu ekspedisi yang lebih lama. Berdasarkan pengalaman Cidcho makin besar nilai "Semangat" yang dimiliki Jenderal ketika ekspedisi maka kemungkinan hasil ekspedisi bagus juga akan makin besar.




Biaya 1,5-2 adalah ideal bagi Cidcho untuk melakukan ekspedisi. Dengan biaya tersebut bisa membentuk 4-5 batalion dimana semakin banyak jenderal yang melakukan ekspedisi maka kemungkinan mendapatkan hasil yang baik juga akan semakin besar bukan?










Biasanya Cidcho akan memilih kartu jenderal yang memiliki biaya kecil dan nilai semangat 300 untuk melakukan ekspedisi. Tempat yang dipilih adalah GU: Rimba yang memberikan kemungkinan exp. terbesar. Fakta menarik yang saya temukan ketika bermain game ini adalah kenaikan 1 level jenderal akan memberikan kontribusi 1 exp. joushu, memang terlihat kecil namun contohnya apabila dalam satu batalion setiap jenderal naik 5 level maka akan mendapatkan 20 exp. Joushu. Oleh karena itu ketika ekspedisi juga sebaiknya memilih jenderal dengan level terkecil karena akan lebih mudah untuk dinaikkan levelnya.

Jenderal merupakan bahasan terakhir di tips leveling up ini. Mereka adalah salah satu aspek vital dalam game ini, kekuatan seorang jenderal sering kali menentukan apakah serangan kita akan berhasil ataukah gagal, begitu pula dengan pertahanan. Salah satu cara memperkuat kartu jendral adalah dengan memperkuat levelnya sehingga kita dapat meningkatkan status jenderal tersebut.

Selain ekspedisi, cara yang dilakukan untuk menaikkan level kartu jenderal adalah dengan berperang. Cukup masuk akal bukan kalau semakin banyak berperang maka exp. kartu jenderal tersebut akan semakin banyak?



Exp. yang didapatkan ketika perang diperoleh dari banyaknya pasukan musuh yang kita hancurkan ketika menyerang atau bertahan.




Walaupun exp. yang didapatkan ketika berperang terlihat lebih sedikit dibandingkan ketika melakukan ekspedisi, salah satu keunggulan perang adalah jumlah "Semangat" kartu jenderal tidak akan turun ketika menyerang pos, menyerang desa/ benteng atau kastil musuh. Sehingga satu kartu jenderal dapat digunakan berulang kali untuk menyerang DK musuh dan mendapatkan exp. Perlu diingat apabila menyerang petak kosong untuk merebut wilayah kekuasaan tetap akan menghabiskan "Semangat".

Demikian tips leveling up di game Sengoku Ixa, semoga membantu para pemain untuk dapat lebih menikmati bermain game ini.
Thanks for your comment