Sengoku Ixa: Menyerang Petak Kosong


Dalam game Sengoku Ixa, setelah pemain mencapai level 4, maka akan muncul surat yang memberitahukan bahwa player tersebut dapat memiliki 1 Daerah Kekuasaan (DK). Bagi pemain baru tentunya akan muncul pertanyaan petak kosong manakah yang harus diambil menjadi DK? Apakah pasukan saya kuat untuk menyerang petak kosong tersebut? Tutorial kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Jujur saja ketika Cidcho baru memainkan game ini saya sempat mengira bahwa petak kosong itu dijaga NPC khusus, kenapa? ketika saya menyerang petak kosong saya mendapat laporan bahwa pasukan telah berhasil mengalahkan petani dan rounin, yang saat itu tidak saya ketahui kelemahannya.

Namun setelah membuka wiki serta membaca posting pemain di forum saya akhirnya mengetahui bahwa petak kosong tersebut sebenarnya dijaga prajurit yang memiliki klasifikasi sama dengan tipe pasukan yang bisa kita peroleh. Hal ini tentunya memberi informasi berharga bagi kita karena sekarang kita tahu bahwa petak kosong itu dijaga oleh tipe pasukan  NPC tertentu yang memiliki kelemahan terhadap jenis pasukan lain. Pertanyaannya adalah bagaimana mengetahui tipe pasukan tersebut?

Sebelum melangkah kesana mari kita mulai dari kelas pasukan, dimana tiap-tiap pasukan di Sengoku Ixa digolongkan menjadi kelas infantri, kelas kavaleri, kelas pemanah dan kelas artileri/ mesin. Apabila kita mengakses menu "Bantuan" di pojok kanan atas dan memilih "Mengenai Kartu Jendral/ Pasukan" maka kita dapat melihat hubungan antara ke empat kelas pasukan tersebut.

Ixa Wiki memberikan ukuran yang lebih akurat atas gambaran di atas :


Disini kita memposisikan diri sebagai pihak bertahan, misalnya batalion kita terdiri dari infantri (spear) dan diserang oleh batalion pemanah (bow), maka damage yang diberikan batalion bertahan kita kepada pihak penyerang akan dipotong setengahnya (50%). Apabila yang menyerang ternyata batalion kavaleri (trooper) maka sebagai pihak bertahan kita memberikan damage dua kali lipat (200%) terhadap batalion penyerang tersebut. Lain halnya jika yang menyerang adalah batalion artileri/ mesin maka damage yang kita berikan akan berkurang menjadi 80%.

Hal yang sama berlaku untuk pemanah dan kavaleri sebagai batalion pertahanan, hanya perhitungannya dibalik sesuai hubungan tipe pasukan tersebut. Ada pengecualian ketika kita menggunakan artileri/ mesin untuk bertahan dari serangan batalion musuh, dimana damage yang diberikan batalion pertahanan kita akan selalu 100% apapun tipe pasukan yang menyerang kita.

Dengan melihat informasi pada IxaWiki kita bisa melihat jumlah dan tipe pasukan NPC yang menjaga setiap petak kosong di Sengoku Ixa, karena saat ini kita berada pada chapter 5, maka pilihan tabel kita berada pada bagian bawah. Sebagai contoh berikut adalah data NPC petak kosong pada dunia 2 (atau chapter 5.1) menggunakan bantuan Google Translate:




Sumber atau untuk Dunia 1 (5.2) dapat melihat link ini. Untuk pemain baru sebaiknya mencari petak kosong yang memiliki semua resource (kayu, kain, besi dan pangan) untuk pembangunan fasilitas awal. Sebagai contoh disini kita akan mengambil petak kosong dengan *4. Petak ini memiliki 2 hutan, 1 kebun kapas, 1 tambang, 3 ladang dan 1 kolam. Hutan terlihat lebih banyak, dan tambang paling sedikit, namun tidak masalah karena kayu lebih diperlukan di awal-awal game ini.





Dari data diatas kita dapat melihat jumlah lahan kosong, jumlah pasukan NPC, komposisi tipe pasukan, jumlah total pasukannya, berapa nilai serangan yang dibutuhkan untuk mengalahkan pasukan tersebut serta perkiraan exp yang diperoleh apabila mengalahkan pasukan tersebut . 

Petak diatas ternyata diisi oleh banyak pasukan kavaleri sehingga batalion kita sebaiknya terdiri dari tipe pasukan infantri. Perhatikan angka di atas, Spear 2.910 berarti kita membutuhkan batalion infantri dengan nilai serangan minimal sebesar 2.910 untuk dapat mengalahkan pasukan NPC tersebut. Kita juga dapat menggunakan jenis pasukan lain seperti misalnya pemanah tapi tidak disarankan karena akan membutuhkan nilai serangan yang lebih tinggi (6.240) dan tentunya korban pasukan yang lebih banyak.

Angka diatas merupakan prediksi, sehingga selalu menyerang petak kosong dengan nilai di atas angka teoritis diatas. Kemudian agar tidak salah menyerang petak kosong sebaiknya kita melakukan konfirmasi dengan cara mengklik petak kosong dan memilih "lihat detail dari peta ini"


Semakin banyak "Lahan Kosong" maka semakin banyak petak yang kamu bisa bangun untuk  dijadikan fasilitas, pada umumnya semakin tinggi * suatu petak maka akan semakin banyak lahan kosongnya.






Perlu diingat jarak maksimal ke petak kosong dari wilayah pemain adalah 10 dan akan mendapatkan penalti pengurangan serangan setiap petak diatas 10. Kemudian apabila sudah yakin akan pilihan petak, maka klik tombol "agresi petak ini" dan pilih "Menyerang" atau jika ingin menjadikan petak kosong ini sebagai DK maka pilih "Serangan Ekspansi".


Ketika petak kosong telah berhasil dijadikan DK,maka pemain dapat membangun Benteng atau Desa di daerah tersebut. Benteng memiliki kelebihan daya tahan yang kuat namun dengan memilih membangun Desa maka pemain bisa mendapatkan bonus resource setiap jamnya. Keduanya merupakan pilihan yang baik dan pemain bisa memilih berdasarkan lokasi DK tersebut contohnya memilih membangun Benteng karena dekat dengan spawn Kastil Cabang musuh sehingga memiliki nilai strategis perang ataupun membangun desa karena ingin mendapatkan bonus resource sehingga dapat membangun fasilitas produksi dan prajurit yang lebih banyak.

Selain untuk dijadikan DK, petak kosong juga memiliki fungsi lain ketika Masa Perang. Petak kosong dapat diserang untuk dijadikan Wilayah Kekuasaan dan Pos baik oleh pihak bertahan maupun penyerang. Pos dapat menjadi titik pertahanan maupun penyerangan yang strategis di masa perang karena pemain bisa membuatnya dimana saja (dengan pengecualian tertentu).

Ketika awal bermain, ada baiknya mengumpulkan prajurit dari Misi untuk ditabung dan digunakan untuk menyerang petak kosong yang memiliki * agak tinggi untuk dijadikan DK. Pemain bisa langsung mendapatkan pasukan tier 2 dari Misi Perang menyerang ataupun bertahan. Ketika mencapai lv16 pemain bisa membangun fasilitas produksi yang lebih tinggi tingkatannya jadi Cidcho sarankan untuk menghancurkan DK yang memiliki * kecil dan mencari DK lain yang lebih tinggi tingkatannya.

Demikian tutorial singkat ini, semoga bisa membantu pemain Sengoku Ixa dalam memainkan game ini.
Thanks for your comment